NEWS
DETAILS
Senin, 01 Aug 2016 22:13 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb

Guys siapa yang pernah ngaspal??? atau berendara jarak yang jauh??? merasa capek kagak dengan postur berkendara yang kamu lakukan???? pastinya pernah dong. nah itu disebabkan oleh postur berkendara kalian yang salah guys. Bagaimana sih postur berkendara yang baik dan benar???

Dialnsir dari www.mpm-motor.co.id "...Riding posture berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara. Dengan Riding Posture yang benar membuat pengereman sepeda motor ngepot, begitu juga saat melakukan manuver atau berbelok."  nah sudah tau dong definisinya guys.

Nah dari definisi tersebut kita sudah tau betapa pentingnya riding posture untuk berkendara diatas motor. Sepela namun makjleb... kalo sampai riding posture kita salah.

Pic 1.1 Riding Posture yang benar

Menurut Safety Riding Promotion Departemen PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Motor Arsyad, ada 7 (tujuh) riding posture yang mesti diketahui. Yakni; 1. Mata, 2. Pundak, 3. Siku, 4. Tangan, 5. Pinggul, 6. Lutut, 7. Kaki.

Masing-masing memiliki fungsi sendiri. Mata, fungsinya untuk melihat. ”Pandangan mesti jauh. Agar jarak pandang lebih luas. Juga memudahkan dalam antisipasi jika ada obyek lainnya yang mengganggu” jelasnya.

Dalam berkendara, sebaiknya, pundak dibikin rileks. Jangan tegang karena itu akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang. Ujung-ujungnya, badan jadi gampang letih.

Bukan cuma itu, Sudut siku yang lurus juga bisa bikin susah pengendara dalam melakukan manuver. Gerak setang ke kiri dan kanan pun akan terlihat kaku.

Tapi begitunya, posisi siku juga jangan lurus. “Sudut siku idealnya 120 derajat, dengan begitu, pegangan tangan ke setang jauh lebih kuat. Dan tentunya juga, tidak membuat badan jadi gampang pegal,” tambah Arsyad kembali.

Jari tangan memegang bagian tengah dari grip, dengan demikian akan memudahkan pengendara mengoperasikan handel gas, rem, kopling, sakelar dan switch lainnya.

Posisi duduk ikut berpengaruh terhadap pinggul. Duduk terlalu jauh dari setang tidak baik. Begitu pula kalau terlalu dekat. Pada motor tipe sport, posisi lutut idealnya mengempit tangki. Pijakan rem dan perseneling harus tegak lurus dengan kaki. Ini untuk antisipasi, ketika terjadi pengereman mendadak. Dengan begitu pengendara bisa langsung injak tuas. Silahkan mencoba.

Nah itu tadi tips riding posture yang benar, soalnya tunggangan kita C50,C70,C90 gan kalo ampe salah riding posture-nya bisa encokan.

Sekian dulu ya guys semoga bermanfaat, KEEP SAFETY RIDING

Wassalamu'alaikum wr wb 

Rizky Mega Darmawan

 

Source:

www.mpm-motor.co.id

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK