NEWS
DETAILS
Sabtu, 08 Sep 2018 19:56 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb


Ketemu lagi gaes setelah jadwal padat menyelimuti mimin. Kali ini mimin mau ulas teknik braking yang baik, benar, dan efisien yang diajarkan di Safety Riding Center Astra Honda Motor yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu Safety Riding Center MPM Distributor di Sedati yang sering mimin kunjungi. Di Safety Riding Center kita diajarkan teknik berkendara yang baik dan benar yang bisa memberikan rasa aman dalam berkendara.

Sering terjadi beberapa kasus kecelakaan sepeda motor yang diakibatkan oleh teknik pengereman yang salah oleh pengguna sepeda motor. Kita sering menjumpai posisi tangan masyarakat dalam berkendara kurang benar, terlebih di posisi jari saat memegang stang kemudi sepeda motor. Masyarakat sering kali meletakkan jari telunjuk mereka pada handle rem, dengan tujuan agar dapat langsung bisa melakukan pengereman depan sepeda motor mereka meskipun pada kecepatan tinggi dengan jarak pengereman yang pendek. Sedangkan anjuran teknik pengereman yang diajarkan di Safety Riding Center yakni dengan pengereman depan dengan 4 Jari. Padahal hal yang mereka lakukan kurang tepat mengapa? Simak ilustrasi gambar berikut.

Gambar 1.1

gambar 1.2

Pada pengereman terdapat torsi pengereman yang bisa mempengaruhi perlambatan kendaraan serta mempengaruhi jarak pengereman kendaraan kita. Mimin misalkan jarak letak jari kita dengan (L) dan kemampuan kita menarik tuas rem dengan (F) atau Gaya/Force. Dan kita hitung torsinya dengan cara Torsi= F X L, simak gambar 1.1 dan 1.2

Pada  gambar 1.1 pengereman dengan jari telunjuk saja, dengan asumsi jarak poros tuas rem dengan jari telunjuk sebesar 10mm (0,01m) dan kekuatan menarik tuas di jari telunjuk sebesar 5 kg. Jadi Torsi pengereman pada tuas rem depan didapatkan angka 0,05 kgm. Kita bandingkan dengan dengan gambar 1.2 pengereman dengan 4 jari, dengan asumsi jarak antara poros tuas rem dengan jari telunjuk sebesar 10mm (0,01m), dengan jari tengah sebesar 15mm (0,015m), dengan jari manis sebesar 20mm (0,020m), dengan jari kelingking sebesar 30mm (0,030m) dan gaya menarik tuas rem yang sama yakni 5kg. Jadi torsi pengereman pada tuas rem didapatkan angka 0,05 kgm pada jari telunjuk, 0,075 kgm pada jari tengah, 0,1 kgm pada jari manis, dan 0,15 kgm pada jari kelingking. Dengan torsi pengereman rata-rata 0,2625 kgm pada pengereman 4 jari.

Dari perhitungan diatas didapatkan torsi pengereman dengan 4 jari lebih baik dari pada torsi pengereman dengan satu jari. Namun perlu diperhatikan pengereman dengan 4 jari dengan gaya pengereman yang besar bisa berakibat locking pada roda, jadi apabila melakukan pengereman dengan 4 jari harus kita perhitungkan gaya penarikan tuasnya agar efisien. Meskipun saat melakukan pengereman pada kecepatan tinggi akan dicapai jarak pengereman yang sesuai dengan kehendak kita.

Itulah ulasan tentang teknik pengereman yang baik dan benar yang diberikan oleh instruktur Safety Riding Center Astra Honda Motor yang bisa kita terapkan saat berkendara dengan tunggangan kita sehari-hari namun tetap #CaRi_aMaN dulu sebelum cari nafkah. Pakai Jaket dan Helm mu #CaRi_aMaN.

Wassalamu'alaikum wr wb

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK